POTRET AWAL  SEKOLAH

 

 

1.     Identitas Sekolah

 

Nama Sekolah             : SMK NURUL IMAN JAKARTA

Alamat                       : Jln. Pisangan Baru Timur NoA.

                      13110 Tlp.021-850634

Kabupaten / Kota        : Kota Jakarta Timur

Propinsi                      : DKI Jakarta

 

 

  1. Data Kepala Sekolah

 

Nama Kepala Sekolah  : Drs. Ero Rohada, MM

Tempat, Tgl Lahir       : Kuningan, 07 Januari 1964

Pendidikan Terakhir    : S.2 ( Master Manajemen )

Jurusan                      : Manajemen Pemasaran.

PROGRAM  KERJA SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022

 

 

Nama Sekolah              : SMK Islam Nurul Iman Jakarta

                                        Status Diakui Mandiri ( Swasta )

Alamat                          : Jln. Pisangan Baru Timur No.4A

Telpon                           : ( 021 ) 8506347

 

Propinsi                         : DKI Jakarta

Kabupaten / Kota                  : Jakarta Timur

 

 

1.                 Visi dan Misi Sekolah

 

VISI SMK Islam Nurul Iman

Mewujudkan sekoalah sebagai lembaga yang memperkokoh keimanan, keilmuan dan unggul dalam prestasi.

 

MISI SMK Islam Nurul Imani

1.     Menumbuhkan semangat berprestasi, inisiatif, dan inofatif  bagi seluruh warga sekolah

2.    Menumbuhkan sikap saling menghormati, menghargai dan bertatak rama

3.    Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat ditumbuh kembangkan secara lebih optimal dalam menyerap dan menguasai pengetahuan dan ketyerampilan

4.    Membangun semangat kebersamaan dalam upaya meujudkan tujuan sekolah

5.    Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien sehinga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya.

6.    Menumbuhkan semangat kebersamaan melalui prinsip 3 M ( Mendidik, Melatih dan Menyalurkan )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.                 Tujuan Sekolah

1.     Meujudkan iklim belajar yang memadukan penggunaan sumber belajar disekolah dan diluar sekolah.

2.    Menumbuhkan dan mendorong semangat belajar yang efektif

3.    Melaksanakan “ Team Teacing “ untuk meningkatkan mutu pembelajaran

4.    Mengembangkan kurikulum sesuai tuntutan masyarakat dan lingkungan

 

 

3.                  Identifikasi Tantangan Nyata Yang Dihadapi Sekolah.

 

1.     Fasilitas sarana prasaran yang ada belum memadai dan belum mencukupi

2.    Kemampuan profesional guru yang masih harus lebih ditingkatkan

3.    Perubahan kurikulum menjadi kurikulum berbasis kopetensi tahun 2017.

4.    Pendataan melalui komputerisasi administrasi Lingkungan disekitar ruang labolatorium terutama dihalaman ruang Labolatorium Komputer kurang menunjang dalam kenyamanan dan keindahaannya.

 

4.                 Sasaran / Kebutuhan Sekolah

a.    Aspek peningkatan manajemen Sekolah

-          Melengkapi prasarana dan sarana kependidikan

-          Mendorong para guru untuk mengikuti : studi lanjut, penataran, diklat, seminar, Workshop dll

-          Meningkatkan kemampuan mengajar para guru

-          Mendorong implementasi manajemen partisipatif

-          Meningkatkan kesejahteraan para guru

-          Memberdayakan potensi stakeholders pendidikan

-          Mendorong kualitas belajar siswa

b.    Aspek Pengembangan Kurikulum dan aspek pengujian

-          Pengembangan Perpustakaan sekolah

-          Pengadaan Laboratorium Komputer, Mengetik, Bahasa dll

-          Rapat kerja (semiloka dewan guru)

-          Penyusunan Roster

-          Peningkatan kualitas siswa dengan berbagai pendalaman materi pelajaran

-          Penataran MGMP

-          Mengikutsertakan penataran School Based Management

 

c.    Aspek Pembinaan Kesiswaan

-          Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)

-          Meningkatkan ketrampilan dg pelatihan dlm Balai Latihan Kerja

-          Pelatihan dan Pelantikan Ekstra kurikuler (Pramuka, Paskibra, PMR, Rohani Islam, Olah Raga, Seni dan Budaya, Pencinta Alam dll

-          Memperingati hari-hari besar agama

-          Melaksanakan Bhakti Sosial/masyarakat

-          Meningkatkan kualitas siswa dengan lomba karya tulis dalam kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR)

-          Mengadakan Media komunikasi OSIS ( buletin, majalah dinding dsb.

-          Melaksanakan pemeliharaan keindahan, penghijauan kebersihan sekolah

-          Melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

 

d.    Aspek Pengembangan Fasilitas Sarana dan Prasarana

-          Melengkapi sarana dan kebutuhan ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah

-          Merenovasi dan pengecatan ruang kelas (keramik, kaca dan White Board dll)

-          Melengkapi WC murid dan guru

-          Menciptakan apotik hidup dan penghijauan

-          Pangadaan sarana kebersihan, taman dan penerangan

-          Pengadaan buku-buku penunjang dan ruangan perpustakaan

-          Menyempurnakan ruang Laboratorium  bahasa dan Komputer

-          Merencanakan renovasi Mebeler, rungan Kepala Sekolah, guru & bidang

-          Pengadaan alat Olah raga dan lapangan

e.     Aspek Pengembangan Ketenagaan / Personalia

-          Mengikutsertakan penataran SIM program internet bagi para TU’ guru

-          Pembuatan DPP, untuk mengetahui antara pemasukan dan pengeluaran

-          Pembuatan Daftar Uraian Kerja (DUK)

-          Mengikutsertakan TU dalam pelatihan dan Workshop peningkatan Manajemen administrasi sekolah

-          Peningkatan kesejahteraan melalui tadabur alam

 

f.    Aspek lainnya

-          Mengupayakan peningkatan ketrampilan dan pelatihan siswa di luar kurikulum Dik Nas ( Pelatihan Komputer, Mengetik, Bahasa Inggris, Akuntansi, elektro, yang bersertifikasi)

-          Menumbuhkan nilai-nilai keagamaan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME melalui sholat Ashar berjamaah

-          Menjalin kerja sama dengan berbagai dunia usaha.

 

5.                 Identifikasi Fungsi-Fungsi sasaran

 

       

Untuk mencapai sasaran, maka perlu dikaji kesiapan seluruh fungsi yang mendukung terhadap sasran yang hendak dicapai dengan mengedentifikasi kesiapan setiaf faktor-faktornya. Fungsi sasaran tersebut adalah :

 

Sasaran ke 1          Fungsi froses belajar mengajar 

Sasaran ke 2         Fungsi pendukung proses belajar mengajar

Sasaran ke 3         Fungsi pengelolaan keuangan dan Administrasi

Sasaran ke 4         Fungsi pengembangan iklim sekolah

             

Fungsi sasaran pendukung proses belajar mengajar merupakan peruntukan yang sesuai dengan Bantuan Oprasional Manajement Mutu dan dibutuhkan oleh SMK Nurul Iman Jakarta adalah :

 

1.     Sasaran 1 : adalah fungsi pendukunag PBM tentang kurikulum

Secara khusus mempersiapkan mempersiapkan sekolah meningkatkan kompetisi guru menghadapi kurikulum KBK

 

2.    Sasaran 2  : adalah fungsi proses belajar mengajar

Menitik beratkan pada pengembangan model – model mengajar yang bervareasi sehingga menyenangkan siswa.

 

3.    Sasaran 3  : adalah fungsi fengelolaan administrasi dan pemeliharaan

Sarana dan prasarana serta perlengkapan ATK

 

Sehingga identifikasi terhadaf fungsi tersebut adalah :

 

No.

 

Fungsi

Faktor  Internal

Faktor Eksternal

 

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

Fungsi proses belajar mengajar

 

 

 

 

 

Fungsi kurikulum pendukung proses belajar mengajar

 

 

 

 

 

 

Fungsi pengelolaan Administrasi dan penggantian sarana

prasarana serta perlrngkapan ATK

 

a.    Metode-metode mengajar guru

b.    Motivasi guru mengajar

c.    Motivasi siswa belajar

 

 

a.    Standar komputerisasi mata pelajaran

b.    Silabus mata pelajaran sesuai KBK

 

c.    Tim pengembangan kurikulum

 

a.    Kemampuan personil administrasi

b.    Ketersediaan komputer

c.    Penggantian dan pembelian ATK

 

 

a.    Pemanpaatan iptek dalam mengajar

b.    Perlu pelatihan

 

c.    Pembelanjaan berfareasi

 

a.    Kesesuaian dengan kemajuan IPTEK

 

b.    Kesesuaian dengan tuntutan perubahan kurikulum

c.    Kerjasama dengan pihak lain

 

a.    Perlu pelatihan

 

b.    Ketersediaan software

a.    Kesesuaian dengan tuntutan

 

 

 

 

6.                 Analisis SWOT ( Analisis Tingkat Kesiapan Fungsi )

 

   

Untuk menguji kesiapan factor-faktor internal dan eksternal diatas dan dan disesuaikan dengan kondisi nyata di sekolah, maka fungsi dan factor tersebut perlu untuk di-SWOT :

              

                Sasaran ke 1 fungsi pendukunag PBM tentang kurikulum

Secara khusus mempersiapkan mempersiapkan sekolah meningkatkan kompetisi guru menghadapi kurikulum KBK

 

Fungsi dan Faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan Faktor

Siap

Tidak Siap

fungsi pendukunag PBM tentang kurikulum

 

 

 

 


Comments