POTRET AWAL SEKOLAH
1. Identitas Sekolah
Nama Sekolah : SMK NURUL IMAN
Alamat :
Jln. Pisangan Baru Timur NoA.
13110 Tlp.021-850634
Kabupaten /
Propinsi :
DKI
- Data Kepala Sekolah
Nama Kepala Sekolah : Drs. Ero Rohada, MM
Tempat, Tgl Lahir : Kuningan, 07 Januari 1964
Pendidikan Terakhir : S.2 ( Master Manajemen )
Jurusan :
Manajemen Pemasaran.
PROGRAM KERJA
SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN
2021 / 2022
Nama
Sekolah : SMK Islam Nurul
Iman
Status Diakui Mandiri ( Swasta )
Alamat : Jln. Pisangan Baru
Timur No.4A
Telpon :
( 021 ) 8506347
Propinsi : DKI
Kabupaten /
1.
Visi dan Misi Sekolah
VISI SMK Islam Nurul Iman
Mewujudkan
sekoalah sebagai lembaga yang memperkokoh keimanan, keilmuan dan unggul dalam
prestasi.
MISI SMK Islam Nurul Imani
1.
Menumbuhkan semangat berprestasi, inisiatif, dan
inofatif bagi seluruh warga sekolah
2. Menumbuhkan sikap saling menghormati,
menghargai dan bertatak rama
3. Mendorong dan membantu siswa untuk
mengenali potensi dirinya, sehingga dapat ditumbuh kembangkan secara lebih
optimal dalam menyerap dan menguasai pengetahuan dan ketyerampilan
4. Membangun semangat kebersamaan dalam upaya
meujudkan tujuan sekolah
5. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan
secara efektif dan efisien sehinga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai
potensi yang dimilikinya.
6. Menumbuhkan semangat kebersamaan melalui
prinsip 3 M ( Mendidik, Melatih dan Menyalurkan )
2.
Tujuan Sekolah
1. Meujudkan iklim belajar yang memadukan
penggunaan sumber belajar disekolah dan diluar sekolah.
2. Menumbuhkan dan mendorong semangat belajar
yang efektif
3. Melaksanakan “ Team Teacing “ untuk
meningkatkan mutu pembelajaran
4.
Mengembangkan
kurikulum sesuai tuntutan masyarakat dan lingkungan
3.
Identifikasi Tantangan Nyata Yang Dihadapi Sekolah.
1. Fasilitas sarana prasaran yang ada belum
memadai dan belum mencukupi
2. Kemampuan profesional guru yang masih harus
lebih ditingkatkan
3. Perubahan kurikulum menjadi kurikulum
berbasis kopetensi tahun 2017.
4. Pendataan melalui komputerisasi
administrasi Lingkungan disekitar ruang labolatorium terutama dihalaman ruang
Labolatorium Komputer kurang menunjang dalam kenyamanan dan keindahaannya.
4.
Sasaran / Kebutuhan Sekolah
a. Aspek peningkatan manajemen Sekolah
-
Melengkapi
prasarana dan sarana kependidikan
-
Mendorong
para guru untuk mengikuti : studi lanjut, penataran, diklat, seminar, Workshop
dll
-
Meningkatkan
kemampuan mengajar para guru
-
Mendorong
implementasi manajemen partisipatif
-
Meningkatkan
kesejahteraan para guru
-
Memberdayakan
potensi stakeholders pendidikan
-
Mendorong
kualitas belajar siswa
b. Aspek Pengembangan Kurikulum dan aspek
pengujian
-
Pengembangan
Perpustakaan sekolah
-
Pengadaan
Laboratorium Komputer, Mengetik, Bahasa dll
-
Rapat kerja
(semiloka dewan guru)
-
Penyusunan
Roster
-
Peningkatan
kualitas siswa dengan berbagai pendalaman materi pelajaran
-
Penataran
MGMP
-
Mengikutsertakan
penataran School Based Management
c. Aspek Pembinaan Kesiswaan
-
Latihan Dasar
Kepemimpinan Siswa (LDKS)
-
Meningkatkan
ketrampilan dg pelatihan dlm Balai Latihan Kerja
-
Pelatihan dan
Pelantikan Ekstra kurikuler (Pramuka, Paskibra, PMR, Rohani Islam, Olah Raga,
Seni dan Budaya, Pencinta Alam dll
-
Memperingati
hari-hari besar agama
-
Melaksanakan
Bhakti Sosial/masyarakat
-
Meningkatkan
kualitas siswa dengan lomba karya tulis dalam kelompok Karya Ilmiah Remaja
(KIR)
-
Mengadakan
Media komunikasi OSIS ( buletin, majalah dinding dsb.
-
Melaksanakan
pemeliharaan keindahan, penghijauan kebersihan sekolah
-
Melaksanakan
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
d. Aspek Pengembangan Fasilitas Sarana dan
Prasarana
-
Melengkapi
sarana dan kebutuhan ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
-
Merenovasi
dan pengecatan ruang kelas (keramik, kaca dan White Board dll)
-
Melengkapi WC
murid dan guru
-
Menciptakan
apotik hidup dan penghijauan
-
Pangadaan
sarana kebersihan, taman dan penerangan
-
Pengadaan
buku-buku penunjang dan ruangan perpustakaan
-
Menyempurnakan
ruang Laboratorium bahasa dan Komputer
-
Merencanakan
renovasi Mebeler, rungan Kepala Sekolah, guru & bidang
-
Pengadaan
alat Olah raga dan lapangan
e. Aspek Pengembangan Ketenagaan / Personalia
-
Mengikutsertakan
penataran SIM program internet bagi para TU’ guru
-
Pembuatan
DPP, untuk mengetahui antara pemasukan dan pengeluaran
-
Pembuatan
Daftar Uraian Kerja (DUK)
-
Mengikutsertakan
TU dalam pelatihan dan Workshop peningkatan Manajemen administrasi sekolah
-
Peningkatan
kesejahteraan melalui tadabur alam
f. Aspek lainnya
-
Mengupayakan
peningkatan ketrampilan dan pelatihan siswa di luar kurikulum Dik Nas (
Pelatihan Komputer, Mengetik, Bahasa Inggris, Akuntansi, elektro, yang
bersertifikasi)
-
Menumbuhkan
nilai-nilai keagamaan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME melalui sholat Ashar
berjamaah
-
Menjalin
kerja sama dengan berbagai dunia usaha.
5.
Identifikasi
Fungsi-Fungsi sasaran
Untuk mencapai sasaran, maka
perlu dikaji kesiapan seluruh fungsi yang mendukung terhadap sasran yang hendak
dicapai dengan mengedentifikasi kesiapan setiaf faktor-faktornya. Fungsi
sasaran tersebut adalah :
Sasaran ke 1 Fungsi
froses belajar mengajar
Sasaran ke 2 Fungsi pendukung proses belajar mengajar
Sasaran ke 3 Fungsi pengelolaan keuangan dan
Administrasi
Sasaran ke 4 Fungsi pengembangan iklim sekolah
Fungsi sasaran pendukung proses
belajar mengajar merupakan peruntukan yang sesuai dengan Bantuan Oprasional
Manajement Mutu dan dibutuhkan oleh SMK Nurul Iman Jakarta adalah :
1.
Sasaran 1 : adalah
fungsi pendukunag PBM tentang kurikulum
Secara khusus mempersiapkan mempersiapkan sekolah
meningkatkan kompetisi guru menghadapi kurikulum KBK
2.
Sasaran 2 : adalah fungsi proses belajar mengajar
Menitik beratkan pada pengembangan model – model mengajar
yang bervareasi sehingga menyenangkan siswa.
3.
Sasaran 3 : adalah fungsi fengelolaan administrasi dan
pemeliharaan
Sarana dan prasarana serta perlengkapan ATK
Sehingga identifikasi terhadaf fungsi tersebut adalah :
No. |
Fungsi |
Faktor
Internal |
Faktor Eksternal |
1. 2. 3. |
Fungsi
proses belajar mengajar
Fungsi
kurikulum pendukung proses belajar mengajar
Fungsi pengelolaan
Administrasi dan penggantian sarana prasarana
serta perlrngkapan ATK |
a.
Metode-metode
mengajar guru b.
Motivasi guru mengajar c.
Motivasi siswa
belajar a.
Standar
komputerisasi mata pelajaran b.
Silabus mata
pelajaran sesuai KBK c.
Tim pengembangan
kurikulum a.
Kemampuan personil
administrasi b.
Ketersediaan
komputer c.
Penggantian dan
pembelian ATK |
a.
Pemanpaatan iptek
dalam mengajar b.
Perlu pelatihan c.
Pembelanjaan
berfareasi a.
Kesesuaian dengan
kemajuan IPTEK b.
Kesesuaian dengan
tuntutan perubahan kurikulum c.
Kerjasama dengan
pihak lain a.
Perlu pelatihan b.
Ketersediaan
software a.
Kesesuaian dengan
tuntutan |
6.
Analisis SWOT (
Analisis Tingkat Kesiapan Fungsi )
Untuk menguji
kesiapan factor-faktor internal dan eksternal diatas dan dan disesuaikan dengan
kondisi nyata di sekolah, maka fungsi dan factor tersebut perlu untuk di-SWOT :
Sasaran ke 1 fungsi pendukunag PBM tentang kurikulum
Secara khusus mempersiapkan
mempersiapkan sekolah meningkatkan kompetisi guru menghadapi kurikulum KBK
Fungsi dan Faktornya |
Kriteria Kesiapan |
Kondisi Nyata |
Tingkat Kesiapan Faktor |
|
Siap |
Tidak Siap |
|||
fungsi pendukunag PBM tentang
kurikulum |
|
|
|
|
Comments
Post a Comment